Kamis, 19 Januari 2017

Cara Menggunakan Pembersih Wajah Berbagai Jenis

Apa jenis cleanser atau pembersih wajah yang Anda pakai? Face wash biasa, atau ada jenis lainnya seperti cleansing water atau cleansing milk? Ternyata nih, pembersih wajah tak melulu sama cara penggunaannya. Jika Anda biasa menggunakan face wash dengan cara membilas wajah, menuangkan face wash pada telapak, lalu membaurkannya pada wajah, tidak begitu halnya dengan pembersih wajah seperti cleansing oil. Tiap pembersih wajah ternyata punya aturan penggunaan sendiri. Kenali produk yang Anda pakai, lalu sesuaikan penggunaannya dengan panduan di bawah ini, yuk.

1. Cleansing Milk

Pembersih wajah ini bukan barang baru untuk perawatan wajah. Ibu atau nenek Anda mungkin telah mengenalnya. Cleansing milk biasanya dipaketkan atau dipasangkan bersama cleansing toner untuk membersihkan wajah. Ya, generasi sebelum Anda telah menerapkan konsep double cleansing untuk rutinitas kecantikannya. Anda yang cenderung berkulit sensitif sebaiknya menggunakan pembersih wajah ini ketimbang cleansing foam, misalnya. Cleansing milk memiliki lebih sedikit air dan mengandung lebih banyak pelembap.

(1) EMINA Creamy Milk Cleansing Lotion, (2) AVENE Gentle Milk Cleanser, (3) NUXE Rose Petals Comforting Cleansing Milk

Anda bisa menggunakannya dengan 2 cara: dituang ke kapas atau menggunakannya langsung pada wajah yang kering. Jika menggunakan kapas, ulangi beberapa kali hingga kapas terlihat bersih. Jika menggunakannya langsung pada wajah, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan face wash biasa. Atau, Anda bisa membersihkannya dengan dengan dibilas saja dan melanjutkannya dengan toner.

2. Cleansing Balm

(1) THE BALM Balms Away, (2) BANILA CO Clean It Zero Resveratrol

Pernah dengar jenis pembersih yang satu ini? Cleansing balm adalah pembersih wajah dengan tekstur balm yang mirip seperti balsem. Kalau Anda memiliki kulit kering, Anda bisa mencoba pembersih ini sebagai alternatif. Cleansing balm biasanya memiliki kandungan pelembap yang lebih banyak ketimbang pembersih wajah biasa. Cara menggunakannya pun cukup ringkas. Pada kulit kering (jangan membasuh wajah dengan air), gunakan cleansing balm. Baurkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar sambil dipijat lembut agar kandungan pelembapnya juga meresap. Lakukan sekitar 30 detik agar kotoran terangkat dan makeup larut bersamaan dengan tekstur balsem yang berubah menjadi minyak. Tambah air sedikit, lalu kembali pijat wajah beberapa detik. Setelah itu, bersihkan cleansing balm dengan air sampai bersih, atau Anda bisa menyekanya dengan handuk basah.

3. Cleansing Foam
 
(1) INNISFREE Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam, (2) LANEIGE Foam Cleanser Moisture, (3) SEBAMED Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Jika pembersih wajah memiliki label ‘foam’, ada baiknya Anda memperhatikan cara penggunaannya juga. Berbeda dengan face wash atau pembersih wajah pada umumnya, cleansing foam menggunakan busa untuk mengangkat kotoran. Basahi wajah Anda sebelum pemakaian, lalu tuangkan cleansing foam pada telapak tangan. Pastikan Anda membuat busa terlebih dahulu dengan cara menggosok-gosokkan kedua telapak tangan. Ketika busa sudah berlimpah, baru gunakan pada seluruh wajah dengan gerakan melingkar ke luar dan bilas dengan air. Ketika menggunakan cleansing foam, Anda tak butuh tekanan tangan yang terlalu keras. Ada juga cleansing foam yang teksturnya sudah berupa foam tanpa perlu kita buat lagi. Kalau yang ini lebih gampang, tinggal taruh di telapak tangan, lalu gunakan ke kulit wajah.

4. Cleansing Oil

Mendengar pembersih wajah yang ini, mungkin banyak yang meragukannya. Minyak sebagai pembersih wajah? Tentu saja bisa! Cleansing oil adalah pembersih yang sangat bagus untuk Anda yang selalu menggunakan makeup (dan agak tebal atau berlapis-lapis). Minyak akan bekerja baik melarutkan makeup, termasuk foundation, eyeliner, eyeshadow, hingga maskara tahan air sekalipun. Jika ingin kotoran terangkat bersih dan minyak tak meninggalkan sisa, gunakan cleansing oil dengan tepat.(1) BCL Purifying Cleansing Oil with AHA Baby Smooth, (2) SHU UEMURA Ultime8 Sublime Beauty Cleansing Oil, (3) SK-II Facial Treatment Cleansing Oil

Selalu mulai dengan wajah kering. Tuangkan cleansing oil pada telapak tangan, ratakan, lalu baurkan pada wajah. Pijat lembut dengan gerakan memutar ke luar. Ketika cleansing oil mulai terasa mencair, saatnya Anda memberi sedikit air pada telapak tangan dan lanjutkan pemijatan. Lakukan hal ini beberapa kali hingga cleansing oil terasa encer. Basuh wajah dengan air (jika bisa, gunakan air hangat).

5. Cleansing dan Micellar Water

(1) IOMA Youthful Pure Cleansing Water, (2) BIODERMA Sensibio H2O, (3) DR. JART+ Derma Clear Micro Water & Refill - 250 ml + 150 ml

Pembersih wajah jenis ini memiliki tekstur seperti air atau toner yang telah populer beberapa tahun terakhir karena kepraktisannya dan hasil bersihnya yang maksimal. Kemampuannya yang juga bagus dalam mengangkat makeup membuat cleansing dan micellar water menjadi lebih disukai dibanding dual phase makeup yang kadang masih meninggalkan sisa minyak di wajah. Tuangkan pada kapas, lalu gunakan pada wajah kering. Tekan lembut kapas pada area mata dan bibir agar makeup lebih mudah terangkat. Ulangi beberapa kali hingga kapas terlihat bersih. Tak perlu dibilas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar